BIROKRASI DAN KOMUNIKASI ANTARPERSONA PETUGAS LAYANAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN
BIROKRASI DAN KOMUNIKASI ANTARPERSONA PETUGAS LAYANAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN
No Thumbnail Available
Date
2022-09-24
Authors
Joko Santoso
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Koleksi Joko Santoso
Abstract
Kekuatan komunikasi antarpersona sering kali diabaikan. Karena setiap orang
semenjak lahir telah memiliki kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi
ialah kepandaian atau kemampuan bawaan setiap manusia normal untuk tukar menukar pesan antarmanusia. Karena setiap manusia dalam kehidupannya selalu
berkomunikasi, komunikasi menjadi suatu fenomena, suatu realitas sosial yang
mempengaruhi kehidupan kita. Ia begitu dekat dan akrab dengan kita. Lantaran
saking akrabnya, jarang kita memperhatikan fenomena komunikasi itu. Kita jarang
mengontrol pesan-pesan yang disampaikan kepada orang lain. Kita pun tidak
peduli efek apa yang bakal terjadi akibat penyampaian pesan itu. Sebagai contoh di
awal tulisan ini dikutip pesan melalui e-mail di sebuah milis, yang merupakan
secuil gambaran efek komunikasi antarpersona di perpustakaan, khususnya antara
pertugas layanan perpustakaan dan pemakai.
Description
Oleh karena itu, tidak profesional jika menuntut para birokrat melalukan tindakan
persis sama dengan kalangan profesional. Namun, bukan berarti bahwa para
birokrat lalu kalis dari profesionalisme. Para birokrat tetap harus profesional dalam
proses memberi pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat pemakai
perpustakaan dari kalangan muda sebagai generasi penerus kehidupan bangsa.